CARA MERAWAT RAMBUT YANG RUSAK AKIBAT SERING MENGGUNAKAN CAT RAMBUT

10 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai dan Terlanjur Rusak

Beberapa orang pasti menyukai trend mewarnai rambut yang masih ada hingga saat ini. Sebagian dari mereka akan merasa lebih percaya diri dan menunjang penampilan ketika memberikan warna pada rambut mereka. Hal itu sah-sah saja apabila tidak dilarang dan cocok dengan warna kulit masing-masing. Namun, mengecat rambut akan menyebabkan beberapa efek samping misalnya rambut menjadi rusak. Seperti rambut rapuh, mudah patah, kasar, dan lain-lain. Pada produk-produk cat rambut terdapat kandungan zat kimia yang memang dapat merusak rambut. Seperti salah satu kandungannya yang bernama Ammonia. Ammonia ini merupakan zat yang dapat merusak rambut dan membuatnya terlihat kusam. Oleh karena itu, untuk kita yang suka mewarnai rambut perlu untuk melakukan perawatan khusus agar kerusakannya tidak semakin parah. 

Inilah Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Rambut Yang Diberi Warna

Seluruh anggota badan pastinya harus kita rawat dan selalu dijaga. Termasuk rambut baik itu yang normal atau rambut yang berwarna. Terlebih rambut yang dicat pasti membutuhkan perawatan yang khusus. Yang mana pastinya ketika seseorang memutuskan untuk mengecat rambut bertujuan untuk membuat penampilan lebih menarik. Jadi penting merawatnya agar rambut tidak rusak dan rapuh yang justru malah dapat merusak penampilan kita. Untuk itu langsung saja, berikut ini beberapa tips agar rambut tetap terjaga dan tidak rusak.

  • Memilih sampo dan kondisioner 

Ketika rambut dalam kondisi yang sudah berwarna kita perlu memilih shampo serta kondisioner yang tepat. Dimana telah disediakan produk-produk yang khusus untuk rambut yang berwarna. Termasuk sampo dan kondisioner untuk rambut berwarna. Untuk itu, kita harus menggunakan produk yang pas agar rambut pun dapat terawat dengan baik. 

  • Gunakan masker rambut

Ketika rambut diberi warna pasti akan kehilangan protein dalam rambut. Hal itu disebabkan oleh zat yang bernama Ammonia. Untuk itu, agar rambut bisa mendapatkan proteinnya kembali kita perlu menggunakan masker rambut yang mengandung protein. Seperti melakukan masker rambut sekali dalam seminggu dengan telur dan madu. 

  • Leave-on conditioner

Apabila kita sering atau hendak pergi keluar rumah kita perlu menggunakan leave-on kondisioner. Pastinya ketika beraktivitas diluar ruangan kita rambut kita akan secara langsung terkena sinar matahari. Oleh karena itu, untuk melindungi rambut kita perlu menggunakan leave-on kondisioner. Karena jika terpapar sinar matahari terlalu lama dapat merusak dan berpengaruh buruk pada kesehatan rambut kita.

  • Usahan tidak Blow Dry

Suhu panas yang dihasilkan hair dryer dapat berpotensi untuk merusak rambut. Karena dapat merusak kutikula rambut kita. Apalagi untuk rambut yang diberi warna pasti lebih rapuh dan mudah rusak. Jadi, usahakan untuk menghindari menggunakan hair dryer. Apabila benar-benar membutuhkan gunakan dengan suhu yang paling rendah.

  • Keramas 

Nah, ketika mencuci rambut atau keramas perhatikan suhu air yang digunakan. Akan lebih baik jika keramas menggunakan air dingin. Dimana jika keramas menggunakan air hangat atau malah panas dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan sulit diatur. 

  • Hindari terlalu sering mencuci rambut

Apabila rambut dalam kondisi berwarna dan sering terkena air dan sampo tentu akan mudah dan cepat untuk pudar. Sehingga lebih baik untuk tidak terlalu sering mencuci rambut yang berwarna. Itulah beberapa tips penting untuk merawat rambut berwarna. Agar rambut kita juga dapat tetap sehat, lembut dan kuat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *