HEWAN-HEWAN PUNAH 

Hewan merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan yang hidupnya berdampingan dengan manusia. Hewan memiliki banyak jenis dan spesies. Hewan juga hidup di air dan di darat. Populasi hewan di dunia sangat banyak. Banyak hewan juga dijadikan sebagai makanan oleh manusia. Selain makanan bagian lain dari hewan juga dijadikan sebagai bahan pakaian, pernak-pernik hingga aksesoris. Ini tentunya memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Tak hanya itu saja banyak orang mencari hewan yang langka ditemukan untuk di bunuh dan di jual kulitnya ataupun bagian-bagian tubuh hewan tersebut. Bukankah sangat serakah manusia yang telah membunuh hewan-hewan tersebut untuk mendapatkan keuntungan seorang diri. Banyak hewan juga dijadikan sebagai hewan peliharaan seperti sapi, ayam, ular, kura-kura dan hewan lain-lainnya. 

Beberapa Hewan Yang Sudah Punah

Hewan sangat banyak diburu oleh manusia untuk dijual ke orang-orang yang memiliki banyak uang untuk dijadikan koleksi. Ini tentunya sangat berpengaruh terhadap jumlah populasi. Bahkan sangat serakahnya manusia sampai merusak ekosistem lingkungan yang hewan tinggali. Diantaranya hutan yang pohonnya banyak ditebangi, merusak habitatnya dan lain-lain. sehingga banyak hewan harus kehilangan rumah mereka. Tidak hanya itu, akibat perburuan hewan langka membuat hewan tersebut punah atau sudah tidak lagi ada di dunia ini. Ini seharusnya menjadi pokok permasalahan yang serius. Inilah beberapa hewan yang sudah punah:

  • Dodo 

Dodo merupakan burung yang tidak bisa terbang. Burung ini sangat terkenal dan bisa kita temui di film Up. Burung ini pernah hidup di Pulau Mauritius. Burung ini tercatat ada di bumi terakhir pada abad ke 17. Ini kita bisa lihat dari fosil di museum. 

  • Rusa besar Irlandia

Rusa ini bisa lihat ketika kita melihat film luar negeri. Rusa ini memiliki tinggi mencapai dua meter dengan tanduk membentang hingga 3.65 meter. Hewan ini telah lama punah 7.700 tahun yang lalu yang diduga akibat perburuan manusia dan perubahan iklim. 

  • Quagga 

Hewan ini bisa kita sebut perpaduan antara zebra dengan kuda. Quagga adalah hewan yang telah punah di alam liar pada tahun 1870 an. Hewan ini banyak diburu oleh manusia untuk diambil daging dan kulitnya. Hewan ini adalah hasil kawin silang. Yang memiliki tubuh coklat kekuningan dengan garis-garis di kepalanya. Hewan ini dulunya tinggal di Afrika Selatan.

  • Harimau Jawa

Mungkin nama ini sudah tidak asing lagi didengar. Dulu harimau ini menghuni seluruh kawasan di Jawa. Namun akibat perburuan dan pengalihan fungsi habitatnya menjadi lahan penduduk membuat hewan ini menjadi punah. Harimau ini telah punah pada tahun 1980 an. 

  • Bison Kaukasus

Hewan ini tinggal di pegunungan Kaukasus yang memanjang di Eropa Timur. Bison ini telah punah pada abad ke 17 yaitu pada tahun 1927. Yang dikarenakan perburuan manusia. 

  • Serigala Falkgala

Serigala falkgala adalah mamalia yang tinggal di kepulauan Malvinas, Argentina. Hewan ini telah punah pada tahun 1976. Dua serigala terakhir telah punah di kebun binatang Inggris. 

Nah, itulah beberapa hewan di dunia ini yang telah punah akibat perburuan manusia dan rusaknya habitat mereka. Sebaiknya sebagai manusia kita boleh serakah. Apalagi sampai banyak melakukan perburuan hewan yang sudah langka. Hewan yang akan punah pun harus kita jaga habitatnya dan kira rawat serta tetap menjaga kelestariannya. Selain itu, perburuan pun dapat merugikan ekosistem lingkungan yang ada di bumi ini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *