INILAH BEBERAPA JENIS MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI UNTUK IBU HAMIL

INILAH BEBERAPA JENIS MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI UNTUK IBU HAMIL

Saat dalam masa hamil, seseorang membutuhkan makanan yang bergizi terutama pada awal kehamilan. Sehingga menjaga pola makan yang baik dan sehat pastinya sangat diperlukan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan juga untuk tumbuh kembang janin. Seseorang yang sedang hamil, biasanya di awal masa kehamilannya mengalami ngidam. Namun juga harus memilih jenis makanan dan minuman yang baik untuk tubuhnya. Sebab tidak semua jenis makanan dan minuman boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang benar-benar tidak diperbolehkan untuk dikonsumsinya. Sebab ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat berisiko bagi kesehatan ibu dan janin tersebut. sehingga usahakan untuk menghindari makanan dan minuman tersebut agar tidak berakibat fatal.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil karena dapat menimbulkan efek berbahaya bagi janin. Adapun beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari tersebut diantaranya:

  • Buah nanas

Makanan pertama yang harus dihindari oleh ibu hamil yaitu mengkonsumsi buah nanas. Buah nanas memang sudah banyak dikenal tidak baik untuk ibu hamil bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Hal ini disebabkan oleh kandungan bromelain yang ada di dalam buah nanas tersebut. kandungan tersebut berpengaruh untuk melunakkan leher rahim sehingga mengakibatkan terjadinya kelahiran dini atau keguguran. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya hindari makan buah nanas saat sedang hamil.

  • Daging yang masih mentah atau setengah matang

Ibu hamil juga tidak diperbolehkan untuk memakan daging yang masih mentah atau setengah matang. Sebab hal itu akan meningkatkan risiko infeksi dari berbagai bakteri atau parasit. Bakteri dan parasit tersebut dapat mengganggu kesehatan janin dan bisa menyebabkan kematian di dalam kandungan. Sehingga sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi daging yang belum matang,

  • Terlalu banyak kafein

Kafein merupakan salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Sebab kafein dapat menembus plasenta dan mengakibatkan gangguan pada detak jantung bayi. bahkan kafein bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil secara berlebihan. Untuk itu sebaiknya batasi konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan the, bahkan minuman bersoda. 

  • Hindari alkohol

Selain kafein, ibu hamil juga harus menghindari minuman-minuman yang mengandung alkohol. Hal ini sangat disarankan untuk dihindari karena dapat meningkatkan risiko keguguran dan kematian di dalam kandungan. Bahkan dampak dalam jumlah kecil pun akan sangat mempengaruhi perkembangan otak bayi. untuk itu bagi ibu hamil sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman ini. 

  • Hindari kacang

Kacang juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil yang menderita penyakit asma, eksim dan juga alergi. Sebab mengkonsumsi kacang saat hamil, akan membuat bayi mengembangkan alergi kacang. Untuk itu sebaiknya jangan konsumsi kacang terlebih dahulu saat dalam masa hamil. 

  • Buah pepaya

Meskipun buah pepaya kaya akan vitamin yang penting dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun buah pepaya menjadi salah satu buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab mengkonsumsi buah pepaya akan menyebabkan suhu tubuh menjadi naik sehingga tidak baik selama kehamilan. Selain itu juga dapat menyebabkan kontraksi rahim, pendarahan bahkan sampai keguguran. Hal ini disebabkan karena buah pepaya kaya akan lateks di dalamnya. bahkan mengkonsumsi pepaya saat hamil juga dapat mengganggu perkembangan janin, sehingga lebih baik untuk dihindari. 

Share