Ketahui Perbedaan Sablon Manual Dan Digital

Pada pembahasan kami kali ini akan menjelaskan kepada anda mengenai apa saja perbedaan sablon manual dan digital. Menggunakan teknik sablon yang tepat pada sebuah kaos menjadi salah satu hal yang diharapkan semua orang. Terutama bagi anda yang bergerak di dunia industri fashion. Secara umum anda harus menyediakan kebutuhan kaos yang berkualitas kepada klien nya. Itu disebabkan karena di dalam sebuah bisnis kaos. Rata-rata yang lebih umum dicari adalah kaos yang sudah memiliki desain yang di sablon pada permukaannya. Apabila dibandingkan dengan kaos polos meskipun memiliki peminat banyak. Desain sablon kaos akan dapat menunjukkan karakter pemakainya. Bahkan membuat seseorang bisa terlihat lebih unik serta kreatif. Selain itu pastinya akan terlihat keren di mata yang memandanginya. Jika berbicara mengenai teknik sablon, memang ada 2 jenis teknik utama yang bisa dijadikan pembeda secara mendasar. Ada teknik sablon manual dan teknik sablon digital.

kaos polos

Perbedaan Sablon Manual dengan Sablon Digital

Setelah anda memahami pengertian dan juga cara kerja kedua jenis sablon tersebut. Maka langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah ketahui perbedaan dari kedua jenis sablon yang ada. Berikut ini ada beberapa hal yang membedakan sablon manual dengan sablon digital, seperti:

  • Biaya

Jika dilihat dari segi biaya yang perlu dikeluarkan untuk setiap jenis sablon. Maka ada beberapa keunggulan dan kelebihan dari keduanya. Pada sablon manual, biaya yang akan dikeluarkan untuk pengerjaan 1 buah kaos lebih mahal dibandingkan sablon digital. Akan tetapi jika anda memesan dalam jumlah banyak, maka biayanya jauh lebih murah. Sedangkan untuk sablon digital, pengerjaan 1 buah kaos atau berapa jumlah kaos yang anda pesan bisa dilakukan dalam waktu cepat. Akan tetapi biaya yang harus dibayarkan tentu saja sebanding akan kualitasnya.

  • Kerumitan pengerjaan

Sablon manual pengerjaan nya akan lebih rumit, mengingat anda membutuhkan beberapa peralatan terpisah. Anda juga harus mencetak desain sablon secara manual tanpa bantuan mesin cepat atau komputer. Sedangkan untuk teknik sablon digital pengerjaan nya relatif lebih simple. Sebab anda hanya tinggal mengoperasikan printer dan komputer. Bahkan jika terjadi kesalahan, maka proses pengulangan lebih cepat.

  • Lama pengerjaan

Lama pengerjaan kedua teknik sablon ini juga berbeda. Pada sablon manual menjadikan jenis sablon ini kurang unggul di bidang tersebut. Untuk anda yang membutuhkan satu atau banyak kaos tetapi waktu yang diperlukan cukup sedikit. Maka anda bisa menggunakan teknik sablon terbaik yaitu digital.

  • Dimensi desain

Dimensi atau luas dari desain yang bisa dicetak atau di sablon tentu saja akan lebih terbatas pada sablon digital. Ini disebabkan karena akan sangat bergantung dengan dimensi dari mesin printer yang digunakan. Baik itu printer sublim maupun printer DTG. Sementara pada sablon manual, dimensi screen yang dibutuhkan cukup luas. Selain itu apabila anda mencetaknya pada bahan kain terlebih dahulu sebelum dijahit. Maka hampir dibilang tidak sablon manual yang satu ini tidak ada batasannya.

  • Kompleksitas desain

Jika berbicara mengenai desain dalam lingkup perbedaan sablon manual dan digital. Hal ini bisa dibilang relatif. Selain itu keahlian dari mereka yang mengerjakan sablon itu sendiri. Hampir tidak ada desain yang tidak bisa dikerjakan jika anda memilih teknik manual.

Nah, itulah beberapa ulasan kami mengenai perbedaan sablon manual dan juga digital. Memang masih ada banyak lagi perbedaan lain dari kedua jenis sablon tersebut. Semoga perbedaan diatas dapat membantu anda membedakan kedua teknik sablon yang ada.

Share