MAKEUP KADALUARSA

Wanita sekarang ini banyak menggunakan riasan make up ketika ke luar rumah. Make up sudah menjadi kebiasaan rutin bagi seorang wanita. Sebab tidak memakai make up membuat mereka tidak percaya diri di saat di luar ruangan. Tidak hanya itu make up yang digunakan tidak hanya memiliki satu jenis tetapi banyak jenis. Wanita terkadang tidak tahan terhadap godaan berbagai macam jenis make up dan perawatan. Ini tentunya digunakan agar wajah menjadi terlihat menambah kecantikan seseorang. Selain itu, wanita sangat memperhatikan wajah mereka sampai harus sempurna di mata orang lain. padahal kita hanya perlu mencintai diri sendiri dahulu agar menimbulkan percaya diri. 

Ciri-Ciri Make Up Sudah Kadaluarsa

Make up sudah menjadi barang wajib bagi setiap wanita. Tidak hanya itu mereka rela membeli make up dengan harga yang mahal untuk memoles wajahnya. Namun make up juga memiliki jangka waktu kadaluarsa. Walau jangka waktu kadaluarsa nya lama. Tetapi kita juga bisa melihat tekstur dari make up tersebut. Jika sudah mengental dan sudah berbau berarti make up tersebut sudah kadaluarsa atau akan kadaluarsa. Sebaiknya make up tersebut tidak usah digunakan lagi. Sebab nanti kedepannya akan menimbulkan masalah pada kulit wajah. Maka dari itu, baca dahulu tanggal kadaluarsa make up tersebut. Setelah itu ganti atau beli lagi make up terbaru. Nah, inilah beberapa ciri-ciri make up yang sudah kadaluarsa:

  • Foundation

Ciri-ciri yang pertama adalah alas bedak atau foundation. Tanda kadaluarsa nya adalah tekstur nya sudah berubah dan menjadi lebih encer atau berair. Terkadang menggumpal dan sedikit berubah warnanya. Bau yang dihasilkan juga sudah tidak berbeda saat pertama kali dibeli atau sudah tidak wangi lagi dan berbau. Produk make up foundation ini biasanya bertahan selama 6 sampai 12 bulan. 

  • Maskara

Maskara biasanya tersaji dalam bentuk liquid dan pensil. Perlu kamu ketahui maskara berbentuk liquid hanya bisa bertahan sampai 3 bulan. Untuk selanjutnya kamu harus menggantinya dengan yang baru. Biasanya maskara yang liquid ketika sudah kadaluarsa akan terlihat menggumpal dan mengering. Selain itu saat digunakan pun menggumpal ke bulu mata dan membuat riasan menjadi berantakan. 

  • Lipstik 

Lipstik umumnya berbentuk stick atau liquid. Nah, lipstik yang berbentuk stik biasanya yang sudah kadaluarsa muncul jamur di produknya. Dan juga bentuknya keras dan rapuh saat di pegang. Untuk lipstik yang liquid kadaluarsa nya biasanya akan menimbulkan bau aneh dan warnanya sudah berubah. Lipstik ini dapat bertahan 8 sampai 24 bulan. 

  • Bedak

Bedak tabur biasanya memiliki jangka panjang pemakaian nya. Masa kadaluarsa nya yaitu sekitar 1-2 tahun. Hal ini berlaku pada kosmetik lainnya yang bubuk. Tekstur yang keras dan sudah berubah warna ataupun susah diaplikasikan berarti kosmetik tersebut telah kadaluarsa. 

  • Eyeliner 

Eyeliner memiliki beberapa jenis. Nah, eyeliner bisa bertahan lama hingga 1 tahun. Eyeliner yang telah kadaluarsa biasanya berbau dan menggumpal. Juga saat di aplikasikan tidak rapi dan tidak rata. 

Nah, itulah beberapa ciri-ciri make up yang sudah kadaluarsa. Yang mungkin dapat membantu kamu yang tidak tahu jangka kadaluarsa nya. Kita perlu mencintai diri dahulu agar bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Tidak perlu membanding-bandingkan dengan wajah orang lain. Sebab kecantikan alami itu berasal dari diri kita sendiri. Lagi pula cantik itu relatif. Setiap orang menilai kecantikan seorang wanita itu berbeda-beda. 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *